Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Rabu, 28 Maret 2018

SINGGAH MAKAN DI SAVANA



“Apa ?, Savana ?” tanya saya meyakinkan.
“Ia, Savana, bukan Havana ya…” terang bang Elvan via ponsel.
Pembicaraan di ponsel pun berakhir. Menyisakan beberapa pertanyaan dibenak. “kenapa harus ke Savana?” tanya saya pada diri sendiri.  Terbayanglah suasana Savana dibenak saya.
 Eiittss  Jangan lekas menyimpulkan Savana yang dimaksud bang Elvan yaaa…hehehe. Savana yang dimaksud adalah nama dari Rumah Makan yang menurut bang Elvan layak saya singgahi untuk menjajal selera makan dengan citarasa masakan yang tak biasa.  Makin penasaran dech!!.

tampilan luar Rumah Makan Savana

Siang itu, seusai menjelajah ke beberapa lokasi menarik di Kota Agung saya beranjak menuju Savan – letak rumah makan yang berada dijalan Ir.H.Juanda  Kagungan persis disebelah makam pahlawan Kota Agung – Tanggamus. Kedatangan saya ke Tanggamus awal pekan itu untuk memandu acara pembukaan Tanggamus Expo 2018. Mayan kan, dalam rangka job, datang lebih awal untuk cari konten plus jajal masakan khas daerah tersebut. Aaahhh… beginilah nikmatnya melakukan Hobby yang dibayar!.hahaha.

Beberapa kendaraan roda dua dan roda empat telah berjajar rapih di area parkir saat saya tiba di depan bangunan rumah makan Savana. Suasana asri menjadi daya tarik dari rumah makan ini. Beberapa tumbuhan hijau dan kolam ikan terlihat dibagian depan bangunan. Yang juga tak kalah menarik, adanya bentangan sawah dan laut dikejauhan yang semakin membuat pengunjung betah berlama-lama bersantai di beranda rumah makan.

interior dalam rumah makan Savana. bersih.  minimalis.

lahan parkir yang luas
 
Pada bagian dalam, susunan kursi kayu berwarna putih dengan ubin berwarna hitam putih menghadirkan kesan minimalis dan bersahaja. Terlebih ramah tamah awak rumah makan yang sigap menyambut kedatangan saya siang itu.
“selamat datang di rumah makan Savana” sapa bang Rahman atau yang akrab di sapa Pak Cik.  “Semoga Savana memberi suasana tenang dan damai dalam bersantap” jelas Pak Cik soal alasan pemberian nama Savana pada rumah makan miliknya tersebut.  Pak Cik  pun segera meminta waiters untuk menghidangkan beberapa menu andalan rumah makan Savana. Perut saya tentu tak kuat bila harus menyantap  seorang diri semua jenis masakan sesuai daftar menu. Ngana kira kita raksana!, hehehe


Tak terlalu lama menunggu, hidangan pun tersaji.  Ada gurame fillet,  cah kangkung seafood, ada pepes ikan blue dan soup blue marlin yang tampilannya sungguh menggoda. “ini beberapa yang harus mas Indra coba di Savana” ucap Pak Cik. Saya pun terkesima dengan hidangan yang tampilannya saja sudah menggugah selera. “Ini sop ikan Blur Marlin atau disebut ikan Nibung oleh masyarakat di Tanggamus” jelas Pak Cik menyodorkan semangkuk Sop Ikan yang tampilan dan aromanya langsung menggugah selera makan. Tak menunggu lama, saya pun langsung seruput kuah sop yang seger banged!.  Udah sering makan ragam jenis sop. Tapi sop ikan Blue Marlin di rumah makan Savana, punya citarasa yang khas. Kuah hangat dan segar dengan bahan baku berupa ikan blue marlin yang berkualitas. Maaf saja jika saya benar-benar lahap menyantap semangkuk sop ikan blue marline tersebut.

Gurame Fillet

Cah Kangkung Seafood
 
Sajian yang tak kalah menggoda adalah pepes ikan blue marlin atau ikan nibung. Nah, sajian pepes ini juga mencuri perhatian dengan tampilanya yang memerah. Terbayang pedasnya!. “suka pedes kan?” tanya Pak Cik. “Tentu suka!”. Tak menunggu lama, seporsi pepes ikan blue marlin pun langsung disantap. Racikan bumbu pedas yang pas dengan potongan daging ikan blue marlin yang tebal dan gurih nyaman terasa. Suguhan lauk yang istimewa.

Bersantap dengan hidangan lezat dan suasana yang nyaman berasa seperti menyantap hidangan rumah. Obrolan bareng Pak Cik disela makan pun menambah seru nya suasana siang kala itu.  Pak Cik pun menuturkan minatnya pada bidang usaha kuliner.  Meski rumah makan Savana terbilang baru, tapi Pak Cik optimis dengan ramainya minat pengunjung. “semoga bisa terus konsisten dengan rasa, supaya memuaskan pelanggan” harap Pak Cik  selaku owner dari Lesehan Pak Cik  yang juga berada di Kota Agung - Tanggamus.

Sop Ikan Blue Marlin

Pepes Ikan Blue Marlin
 
Untuk kenyamanan bersantap dan aneka hidangan lezat, harga yang ditawarkan rumah makan Savana terbilang terjangkau. Bayangkan saja masakan aneka olahan seafood dibandrol harga Rp. 15.000 hingga Rp.25.000,- per porsi.  Untuk jenis ikan rata-rata seharga Rp.9.000 hingga 13.000,- per ons.
Selain itu, pengunjung juga dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan, berupa sarana karaoke yang bebas digunakan oleh pengunjung yang ingin berdendang sebelum atau sesudah bersantap. “kami juga dapat menyiapkan live musik untuk acara tertentu. Sesuai permintaan pelanggan” jelas Pak Cik.  Ruang utama rumah makan Savana yang mampu menampung 120 pengunjung itupun dapat dimanfaatkan untuk beragam acara. Mulai dari arisan, ulang tahun, reuni, halal bihalal dan jenis acara lainnya

Informasi dan Reservasi ; 085366361691 (Pak Cik)

2 komentar :

  1. Sungguh, aku buka postingan ini karena judulnya. Ngebayangin Om Indra beneran makan di savana gitu. Eh ternyata begitu masuk sini, aku disuguhi gambar-gambar makanan lezat. Kecewa sih, tapi....aku jadi laper dan pengen juga ke Savana ini. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeeeyyy...jika Hanum kemari aku akan traktir deh makan makan di Savana..sini sini...jadwalkan ke Lampung...

      Hapus

Scroll To Top