Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Jumat, 08 Maret 2019

BERLAYAR VIA DERMAGA EKSEKUTIF ; BAKAUHENI - MERAK HANYA 1 JAM 20 MENIT.



…”Ngeteng  aja yok?!, sekalian kita nyobain dermaga Eksekutif” ajak saya pada Derry – rekan jalan saya menuju Cilegon kala itu. Untungnya, Derry setuju tanpa menimpal ataupun menolak ajakan saya.  Maka dengan kebahagiaan yang haqiqie, saya dan Derry pun berangkat menuju Cilegon dengan menumpang bus dari Rajabasa ke Bakauheni  hanya untuk menjajal sensasi dermaga eksekutif. #keinginanreceh!, hahaha.


Salah satu Lobby dalam dermaga Eksekutif. Bersih dan Rapih.
 
Saya dan Derry tiba di kawasan dermaga reguler Bakauheni pada pukul 7 malam.  Petugas mengarahkan penumpang untuk menaiki shuttle bus berwarna hijau yang tersedia dekat pemberhentian bis di dermaga regular untuk kemudian mengantar penumpang ke dermaga eksekutif.  Tidak ada biaya yang harus penumpang keluarkan untuk naik shuttle bus ini.  Alias ; Gratis!!.   Setelah menunggu beberapa saat,  shuttle bus  bergerak menuju dermaga eksekutif.  Lebih kurang 10 menit, penumpang shuttle bus tiba di dermaga eksekutif.   Petugas mengarahkan penumpang menuju lantai 2 untuk melakukan pembelian tiket penumpang kapal penyeberangan. 
Bagi yang membawa kendaraan pribadi, saat tiba di pelabuhan Bakauheni dapat langsung mengarahkan kemudi  kendaraaan ke arah dermaga eksekutif atau yang kerap di sebut dermaga 7. Dan melakukan pembelian tiket kendaraan terlebih dahulu di tempat pembelian tiket penumpang dan kendaraan pribadi yang terletak di lantai 2 dermaga eksekutif.

antri beli tiket


Tersedia tiket penumpang dewasa sebesar Rp.50.000 dan Rp.34.000 untuk tiket anak-anak. Mahal yaaa?, di banding tiket kapal di dermaga regular?, eits, jangan buru buru bilang mahal. Harga tiket yang berlaku di dermaga eksekutif sudah berlaku untuk seluruh fasilitas dalam kapal selama penyeberangan. Jadi tak ada lagi istilah bayar ruang AC, bayar ruang lesehan, bayar WC dan bayaran lainnya.  Semuanya sudah include!. Tapi kalau makan dan minum tetep tanggung pribadi yaaa, hehehe.
Buat yang bawa kendaraan pribadi, tiket kendaraan golongan I sebesar Rp.62.000, kendaraan II sebesar Rp.88.000 dan kendaraan golongan III sebesar Rp.147.000,-.
Pembelian tiket, baik tiket penumpang maupun kendaraan dapat di lakukan secara cash maupun  pemegang e-money.  Tersedia pula meja khusus bagi penumpang yang ingin mengisi kartu e-money nya.   Setiap transaksi pembelian tiket pelayaran wajib menyertakan  KTP  sebelum mendapatkan potongan kertas sebagai boarding pass dan duplikat KTP sebagai tanda  pembelian resmi. Nilai harga tiket yang saya sebutkan adalah harga promosi. Sewaktu-waktu akan ada kenaikan tanpa pemberitahuan. 

bentuk boarding pass yang di dapat usai pembelian tiket

suasana ruang tunggu sebelum masuk ke dalam kapal
 
Menurut mas Ilham – security yang sempat saya ajak bincang singkat dekat pembelian tiket mengatakan bahwa hanya ada 4 buah kapal ferry yang beroperasional khusus di dermaga eksekutif selama 24 jam setiap harinya.  “Naik kapal di dermaga eksekutif lebih nyaman.” terang mas Ilham. “Selain ukuran kapal yang lebih besar dan suasana yang bersih. Penumpang akan mendapatkan ketepatan waktu dalam pelayaran.” jelas mas Ilham saat saya tanya keunggulan menggunakan sarana penyeberangan di dermaga eksekutif.  Yup, dengan menumpang pada kapal ferry di dermaga eksekutif, penumpang akan merasakan pelayaran  Bakauheni – Merak hanya 1 jam 20 menit!. Waktu tempuh yang lebih singkat ketimbang pelayaran dengan kapal ferry dari dermaga reguler yang mencapai waktu 2 jam hingga 2,5 jam!. Malam itu, saya dan Derry berlayar bersama kapal KMP Batumandi yang tergolong bersih dan tertata rapih. 

suasana dalam KMP Batumandi
 
Hal lain yang menarik dari dermaga eksekutif adalah suasana megah bangunan dengan penataan yang modern dan lingkungan yang bersih.  Sebagai bangunan yang baru beroperasional, memang terlihat lengang.   Terdapat beberapa gerai makanan dan minuman yang dapat di manfaatkan penumpang sebelum  melakukan pelayaran.  Meski seluruh gerai belum beroperasional secara penuh.   Menurut keterangan yang tercantum di dermaga, kelak bangunan yang di tata megah bagai dermaga penyeberangan kapal di luar negeri itu akan hadir bioskop XXI  serta beragam sarana bersantai dan belanja layaknya di sebuah pusat perbelanjaan. Mewah kan?!.  Sama mewahnya dengan penggunaan garbarata sebagai akses masuk penumpang dari bangunan dermaga ke dalam kapal ferry.  Berasa penumpang pesawat terbang gitu dech!, heheheh.

Saya pribadi berharap kondisi rapih dan bersihnya kawasan dermaga eksekutif dapat terus terpelihara.  Dan untuk mewujudkan hal tersebut, bukan hanya tugas pengelola dermaga tetapi tugas segenap pengguna dermaga  termasuk penumpang macam saya agar tetap rapih tertata dengan kebersihan lingkungan yang tetap terjaga.

garbarata dari bangunan dermaga menuju bagian dalam kapal

garbarata dan wujud bangunan Dermaga Eksekutif
 

TARIF PROMOSI LAYANAN KAPAL EKSEKUTIF
LINTASAN MERAK – BAKAUHENI

NO.
JENIS
HARGA
                               PENUMPANG
1
PENUMPANG DEWASA
Rp.   50.000
2
PENUMPANG ANAK-ANAK
Rp.   34.000
                               KENDARAAN
3
GOLONGAN I
Rp.   62.000
4
GOLONGAN II
Rp.   88.000
5
GOLONGAN III
Rp. 147.000
6
GOLONGAN IV
KENDARAAAN PENUMPANG

Rp. 579.000
KENDARAAN BARANG
Rp. 385.000
7
GOLONGAN V
KENDARAAN BUS
KENDARAAN BARANG

Rp. 774.000
Rp. 645.000
8
GOLONGAN VI
KENDARAAN BUS

Rp. 1.301.000
KENDARAAN BARANG
Rp.    998.000
9
GOLONGAN VII
Rp. 1.406.000
10
GOLONGAN VIII
Rp. 2.080.000
11
GOLONGAN IX
Rp. 3.251.000

JADWAL KEBERANGKATAN KAPAL DI DERMAGA EKSEKUTIF
SETIAP HARI, SETIAP PUKUL ; 06.00, 08.00, 10.00, 12.00,14.00, 16.00, 18.00, 20.00, 22.00, 00.00, 02.00, 04.00 wib
Noted ;
·         Waktu pelayaran dihitung semenjak kapal mulai meninggalkan pelabuhan keberangkatan hingga tiba di pelabuhan tujuan
·         Tarif berlaku selama masa promosi dand apat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
·         Kondisi cuaca dapat mempengaruhijadwal keberangkatan kapal.

3 komentar :

  1. Duh andai ini ada sejak dulu. Aku mau cobaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoklah ke Lampung...kalo maen ke Lampung kabari yaaa

      Hapus
  2. nyari barengan ni klampung..?

    BalasHapus

Scroll To Top