Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Senin, 01 Juni 2020

MENIKMATI SAPPORO SNOW FESTIVAL, SAJIAN SALJU TERBESAR DI JEPANG.



Saya menyebutnya ‘bonus perjalanan – suatu hal yang tak pernah direncanakan tapi terjadi dan justru jadi bagian yang buat traveling semakin bahagia dan berkesan. Nah, salah satu bonus perjalanan tersebut terjadi saat pelesiran ke Jepang pada akhir Januari hingga Februari pada 2019 lalu. Menikmati Sapporo Snow Festival.
 
Sapporo Station

bagian dean setelah keluar dari Sapporo Station


Semua berawal ketika saya melihat sebuah poster mengenai gelaran Sapporo Snow Festival 2019 yang terpajang di sudut Sapporo Station. Meski tak masuk dalam jadwal trip ke Jepang, beruntungnya kak Kent berkenan menemani. “Kayakanya lokasi acara itu gak jauh dari hotel kita. Kayaknya tinggal naik bis dari Sapporo Stasiun ini aja..” terang kak Kent yang buat saya seneng banget. Gimana nggak, sebagai pejuang konten lapak sosmed, saya tentu wajib memberi nutrisi bergizi bagi netizen setia akun saya yang gak seberapa itu, hehehe.  

Oh ia, selain gelaran Sapporo Snow Festival, tandang langsung ke kawasan Otaru juga merupakan bonus perjalanan ke Jepang. Semua kunjungan menarik tersebut berkat kak Kent. Karena ia berkenan menemani dan tahu lokasi.
Mau tahu cerita waktu ke Otaru, Jepang?. Baca link ini ; JalanSeru ke Otaru.

 
suasana depan Sapporo Station

suasana dekat Hotel kami bermalam.

 
akses Wi-Fi di kawasan Sapporo. yang Fakir Kuota? beruntung nih...

Sesuai waktu yang telah ditentukan. Kak Kent membawa saya menaiki bus dari Sakaemachi  Station di Sapporo menuju lokasi acara yang pengen bangeedd saya datengi itu.
Kenapa saya begitu girang waktu lihat ada gelaran Sapporo Snow Festival?, tak lain karena acara yang menyuguhkan salju tersebut memang sebuah event tahunannya Sapporo yang berlangsung saat musim salju saja. Beruntung juga kedatangan saya ke Jepang masih dapat menyaksikan salju meski musim salju di Jepang sebenarnya telah berakhir. Tapi karena perjalanan kami hingga ke Sapporo dan Otaru maka masih dapat merasakan salju. Karena musim salju di kawasan Sapporo, Hokaido berlangsung lebih lama dari kawasan Jepang lainnya.

 
antri naik Bus di Sakaemachi Station menuju Tsudome Site

suasana yang saya abadikan dari balik kaca Bus. Dinggiiiiinnnnn.... jalanan tertutup Salju semua!!!.


Jadi Sapporo Snow Festival ini merupakan festival salju terbesar di Jepang yang gelarannya berlangsung di kota Sapporo, Hokaido. Festival yang acaranya berlangsung selama dua pekan ini telah digelar sejak tahun 1950 dan berlangsung di tiga lokasi berbeda dalam waktu bersamaan. Yakni di Taman Odori, Susukino dan Tsudome Site. Nah, saya dan kak Kent mengunjungi sajian Festival Salju di kawasan Tsudome Site. Gelaran Festival Salju yang berlangsung di Tsudome Site atau kerap juga disebut Sapporo Community Dome Tsudome itu tergolong gelaran festival salju dengan arena yang luas.  Konsep Festival Salju ini sendiri bermula ketika siswa SMP dan SMA di Sapporo menaruh patung salju hasil pahatan mereka di tengah Odari Park di tahun 1950. Sejak itulah patung patung salju mulai rutin dipamerkan seiring pelaksanaan acara festival. Jadi tahu kan kenapa saya senang sekali bisa datang ke gelaran ini?. Yup!, karena ini event Legend!!. 

 
tamilan Tsudome Site. macam Stadium dengan halaman yang luas.

Festival salju di Tsudome Site ini berada di lahan luas. Terdapat bangunan besar layaknya stadium di lahan luas tersebut. Pada bagian halaman nan luas terdapat pajangan seni pahat salju yang menarik untuk disimak. Ukiran es dan salju berukuran sangat besar termasuk pahatan es berbentuk miniatur bangunan terkanal nampak menghias lokasi acara. Bila sajian ukiran es dan salju di Taman Oduri lebih modern karena berada di dekat Sapporo Tower & Stasion, tetapi gelaran di Tsudome Site lebih banyak menyuguhkan wahana untuk keluarga.  Dari gerbang masuk utama pengunjung  langsung data melihat tube silde – semacam perosotan besar yang jadi wahana favorite segala usia. Jujur saja, saya pingin sekali menjajal tube slide itu, tapi apa daya antrian super panjang yang tak tahan untuk saya lakoni.
 
pengunjung bersantai di bagian luar dari kawasan Tsudome Site. Beneran suasananya dinggiiiinnnn bangeddd!!!

Tunel Slide Raksana - perosotan yang antri nya panjang  dan bikin males duluan wkwkwkw


Dalam gelaran Sapporo Snow Festival ke 70 di Tsudome Site tersebut terdapat pula pahatan es dan salju berupa rumah besar yang banyak dijadikan titik kumpul keluarga hingga tersedianya kafetaria yang menyajikan banyak pilihan makanan dan minuman hangat khas Jepang lengkap dengan kursi dan meja untuk bersantai.  Sejak dari turun bus hingga berjalan menyusuri beberapa spot menarik di Tsudome Site ini sungguh buat badan menggigil. Dingainnya pool!!. Meski saya udah beli jacket dan coat tebal harga diskonan sejak tiba di Jepang tetap saja musim salju di Sapporo tantangan buat badan ini. ‘Anak kampung kok kena salju?!!!’ hweks!.

Hadir!!!...foto di poster acara dulu yaaa...hehehe

area Snow park Golf.
misssiii... saya fotoin kak Kent dulu yaaaa...doi nih yang mandu ke kawasan ini..
 
Terdapat pula jajaran fasilitas permainan yang semuanya menarik untuk di jajal. Diantaranya, Tunnel Slide, Snowball, Waku Waku Snow Park, Snow Kick Board, Snow Sculpture, Ice Slide, Snow Park Golf, Snow Kids Adventure hingga Snow Rafting.  Dengan rentetan fasilitas yang tersedia itu tentu tak semua dapat di akses oleh seluruh pengunjung. Tak cukup waktu seharian karena arena acara yang begitu luas. 

barisan kreasi pahatan es dan salju
 
Boneka salju karya community. Sakaemachi itu adalah nama tempat dari kawasan Tsudome Site.

boneka es berbalut salju bertahan selama gelaran berlangsung.
Ada yang tahan ngantri Kopi atau snack di suasana padat dan suhu dingin begini???



Suasana bersantai di depan Kafetaria
 

Yang saya uraikan baru fasilitas bagian luar atau outdoor stage. Bagian dalam atau indoor stage tak kalah keren untuk dikunjungi. Pada bagian dalam stadium Tsudome Site, nyaris setengah ruangan di penuhi wahana permaian anak yang interaktif yang semuanya bernuansa salju. Mulai dari Mega Slide Titan, Air Time Run, Pokemon Branch Office hingga pertunjukan mengenai Snow Education termasuk booth yang menyajikan Festival Teahouse Yoshikawa. Makin lengka dengan banyaknya pilihan makanan dan minuman di area Fast Food dan bazzar buku dan barang-barang kreatif khas Jepang.

 
Area luas bagian dalam. Meski tak sedingin di luar tempat ini padat juga.

pajangan macam macam boneka salju dengan kata 'Selamat Datang' dalam berbagai bahasa. Bahasa Indonesia juga ada lho..heheeh.

Misi Anak Kampung numpang foto yaaa... ehehhehe


Dateng ke Sapporo Snow Festival di Tsudome Site ini lengkap bangeddd!!! Lagi-lagi gak akan cukup seharian buat keliling menikmati semua sajian, hehehe. Karena sajiannya bukan hanya bersifat hiburan tetapi ada juga sisi edukasi. Yang menarik bagi saya adalah berlama-lama mengabadikan diri di beragam bentuk boneka salju  termasuk ose opse manjah di salju tebal yang memang jadi spot pengunjung  bermain dengan wujud salju. Maafkan kenorakan saya yah?!!,hahaha. 

 
Maafkan kenorakan anak kampung yang semakin terlihat kampungan berleyeh-leyeh di salju.

menahan dingin demi hasli foto dan konten sosmed yaaa...
 

Kalau punya jadwal ngetrip ke Jepang di awal Februari, masukkan Sapporo sebagai bagian dari jadwal ngetrip kamu yaaa…Kawasan Sapporo itu lebih tenang dan yang pasti lebih menarik karena bisa mendatangi Sapporo Snow Festival yang gratis tiket masuk (yang bayar akses permainannya). Jangan lupa coat atau jacket tebal, sarung tangan, penutup telinga dan topi yaaa, karena suhu begitu dingiiiinnnn!.

4 komentar :

  1. apa letak geografis pulau hokkaido yang lebih dekat dengan kutub utara berpengaruh terhadap musim dingin yg lebih lama ya?

    asik juga masuknya gratis,, kalau aku kayanya ngga perlu deh wahana2nya :D

    -traveler paruh waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupppppp betul dekat kutub utara dan menurut info, cuma butuh waktu 2 jam nyeberang naik Ferry dari pelabuhan kapal di Hokaido menuju bagian RUSIA. sayang tak punya Visa Rusia kalo punya udah bakal dijabanin nyeberang. hahahaha.

      Hapus
  2. Fira nabella klompok 2

    BalasHapus

Scroll To Top