Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 06 Juli 2021

TEMIANGAN HILL - PESONA NEGERI DIATAS AWAN LAMPUNG BARAT

 


Karena rasa penasaranlah yang membuat Saya dkk membulatkan tekat untuk tandang langsung ke Temiangan Hill – sebuah kawasan puncak yang sedang santer terdengar.  Keingintahuan yang besar itulah yang telah membuat Saya dkk rela menempuh berjam-jam perjalanan dari Bandar Lampung hingga akhirnya tiba di bagian Barat provinsi Lampung.  

 

Bila melakukan pencarian kata ‘Temiangan Hill’ pada laman dunia maya akan sangat mudah ditemukan ratusan gambar menyajikan pesona dari Temiangan Hill.  Pesona gumpalan awan dari ketinggian, suasana camping lengkap dengan foto foto beragam sudut nan menawan dan masih banyak lagi foto foto yang bikin kebelet buat datang langsung ke Temiangan Hill.

 

Siapa yang tak terpikat melihat bentangan alam seperti ini ?

Maka tak heran bila Saya bergegas tancap gas dari Kampung Kopi Rigis menuju letak Temiangan meski kala itu sudah nyaris tengah malam. Saya hanya tak ingin melewatkan bentangan awan menggumpal keesokan hari. Maka rencana bermalam di puncak Temiangan Hill pun telah Saya dkk susun sejak beberapa hari sebelum kedatangan kami di Lampung Barat.  Untungnya, jarak dari Kampung Kopi Rigis Jaya menuju letak Temiangan Hill tidaklah terlamau jauh.  Cukup berkendara lebih kurang  35 menit saja dengan kontur jalan yang tergolong baik. Meski tak ada lampu penerangan di pinggir jalan yang kami lalui malam itu.

 

Mengagumkan bukan ?

Tiba di pekon Tri Mulyo, Gedung Surian, kendaraan roda empat berhenti di halaman parkir yang telah disediakan. Tak perlu khawatir. Penunjuk arah datang jadi acuan pengunjung meski baru pertama tandang ke kawasan ini.  Menariknya lagi, meski datang tengah malam atau pagi buta sekalipun, bapak-bapak ojek yang menamakan kelompok mereka GOHIL (Gojek Temiangan Hill) selalu  siaga!. Siap antar pengunjung jam berapapun dalam kondisi apapun!!. Karena rombongan GoHill tersebut  sudah termasuk dalam Kelompok Sadar Wisata Temiangan Hill.  Biaya untuk GoHill tergolong terjangkau, Rp.50.000 untuk antar jemput. Bila Kamu suka berjalan kaki menuju letak Temiangan Hill boleh saja. Tapi bagi Kamu yang tidak terlalu cadas (macam Saya ini contohnya) baiknya terima beres saja dengan komplotan GOHILL yang terlatih menaklukkan medan jalan nan aduhai.

 

Silakan Simak video saat kami di Temiangan Hill ;



Setelah lebih kurang 20 menit menyusuri rute jalan menanjak bersama GoHill, Saya dkk tiba di kawasan Temiangan Hill yang telah melakukan banyak pembenahan sejak 2017 silam. Sudah lewat tengah malam kala itu. Untung kutukan berubah wujud di jam malam sudah tidak berlaku, hehehe. Tiba di bagian pintu masuk, pengunjung wajib membayar tiket masuk dan sewa tenda bagi yang bermalam. Jadi  pengunjung gak perlu takut soal tenda karena tersedia sewa tenda dengan harga terjangkau bagi yang ingin bermalam. Saya sarankan untuk bermalam agar bentangan Negeri Diatas Awan keesokan pagi tak terlewatkan. Karena pesona gumpalan awan hanya berlangsung dari jam  5 hingga 7 pagi.  Bagi pengunjung yang tak membawa kebutuhan logistik, jangan khawatir!. Tersedia  warung-warung kecil penjaja makanan dan minuman di area Temiangan Hill. Lumayan lho mie instan rebus menghangatkan suasana dingin saat berada di puncak Temiangan Hill. Soal fasilitas pendukung jangan khawatir. penataan kawasan dengan toilet dan musholah terjasi apik dengan beberapa spot foto yang tersebar menarik di kawasan Temiangan Hill.

 

 

PESONA BENTANGAN KAPAS PUTIH.


Tak sulit rasanya bagi Saya memejamkan mata saat tenda telah terpasang di kawasan Temiangan Hill. Selain karena lelah setelah aktivitas sepanjang hari, Saya juga bertekad bangun lebih pagi untuk dapat menyaksikan secara langsung keajaiban alam berupa gumpalan mega-mega mengambang di permukaan puncak Temiangan Hill. Meski kemudian pulasnya merebahkan badan dalam tenda terusik oleh suara gaduh muda mudi berbahasa tutur semendo. Tenda meraka berada tepat dibaris bawah  dari tenda yang Saya tempati. Sungguh kagum Saya ada 2 wanita muda yang mampu bertutur dengan volume suara kencang disuasana dingin mengikat pagi itu. Bisa jadi karena budaya mereka yang selalu bertutur dengan volume maksimal dalam kegiatan sehari-hari.  Setidaknya Saya terbangun tanpa bantuan alarm. Thanks cewek-cewek bersuara lantang bukan kepalang. Kalian layak dapat bintang!.

 

Beruntung keindahan alam menghibur. Meski sempat ngedumel dengan ulah gadis-gadis bersuara gaduh tapi kemudian terluluhkan oleh sajian pesona karya sang Pencipta. Guratan awan perlahan bergerak menggumpal.  Bertumpuk hingga membentuk lekuk yang memanjakan mata. Sungguh indah karya penggengam bumi. Gumpalan-gumpalan awan bak kapas membentang membelalakkan mata. Tak henti rasanya bibir Saya mengucap syukur atas keindahan yang datang di awal pagi. Cuaca pun seolah mendukung. Semburat mentari di kejauhan menambah pesona gumalan awan. Negeri diatas Awan yang diselipkan ada Temiangan Hill tidaklah salah. “Beruntung cuaca sedang bersahabat” seloroh seorang ibu pemilik warung yang berada didekat Saya berdiri. Bila kamu menyukai esona keindahan alam, tandang ke Temiangan Hill tidaklah mengecewakan, meski berkenan ermakluman bila kondisi Negeri Diatas Awan tidaklah semurna karena terkadang bergantung ada cuaca.

ngeCamp seru di Temiangan Hill.

 

Untuk segala pesona alam yang Saya dkk dapatkan di kawasan Temiangan Hill, patutlah Saya berterima kasih pada Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Temiangan Hill yang telah berhasil menata kawasan ini menjadi  salah satu destinasi wisata unggulan di Lampung Barat. Hendaknya juga dibarengi dengan kesadaran ara engunjung yang datang. Saya masih melihat sikap acuh pengunjung terhadap kebersihan lingkungan sekitar. Masih banyak pengunjung yang bermalam membiarkan begitu saja bekas mereka masak di depan tenda masing-masing. Padahal menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan adalah kewajiban semua manusia di muka bumi lho.  Bukan berarti sudah bayar tiket masuk lantas bisa bebas buang sampah dan merusak kawasan.  Mari nikmati keasrian dan pesona alam dengan tetap menjaga keasrian dan kebersihian lingkungan.

 

gimana rasanya kalau bangun tidur pagi melihat bentangan keindahan semacam ini ?

 NOTED ;

Contact person/Reservasi ;

Ketua POKDARWIS Temiangan Hill ; 087893732555

Kak Mus ; 085769776935

Kak Is ; 085764681949

INFO GOHIL

TARIF HUJAN

TARIF PANAS

PP ; 50.000

PP ; 40.000

NAIK ; 30.000

NAIK ; 25.000

TURUN ; 25.000

TURUN ; 20.000

 

Instagram ; @temianganhill_official / @temianganhill_officialparkir

 

DAFTAR HARGA DI TEMIANGAN HILL

·         HTM  10.000/orang

·         Tenda Kap 3 orang ;55.000

·         Tenda kap 4  orang ; 65.000

·         Sewa Lahan ; 20.000

·         Matras 10.000

·         Sleeping Bag 20.000

·         Kayu Bakar 15.000

·         Cas Hp  5.000

Catatan ; harga sewa tenda sudah termasuk jasa bongkar pasang tenda.

2 komentar :

  1. Dingin banget gk bang?

    BalasHapus
  2. Indah memang tempat wisata kita ini, rugi banget kalo ke lampung, tapi belum main ke Temiang Hill.

    BalasHapus

Scroll To Top