Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Senin, 23 Mei 2022

SENSASI MAIN RAFTING, SPORT TOURISM YANG JADI INCARAN. BERANI COBA?

 




Memanfaatkan tanggal merah yang berdekatan dengan akhir pekan jadi tujuan Saya dan teman-teman ketika memutuskan untuk bergegas ke bagian barat dari provinsi Lampung. Tujuan utama Saya dan teman-teman bukan hanya menikmati long weekend pada berbagai tujuan wisata di Lampung Barat tapi juga bergeser ke bagian selatan dari provinsi Sumatera Selatan. Tepatnya di Muara Dua, Ogan Komering Ulu Selatan. Terdapat aliran sungai deras yang kini dimanfaatkan warga setempat untuk jadi sport tourism. Melakukan rafting bareng temen-teman jadi tujuan utama kami kala itu. Maka tak heran sejak pagi Saya dan teman-teman semangat bukan main menuju letak dari Selabung Rafting.


Rafting with the View - ada gugusan Gunung Seminung.


 Selain ingin memacu adrenalin secara langsung, keputusan Saya dan rekan-rekan melakukan rafting juga untuk kebutuhan pemberitaan pada media online yang dikelola oleh Rahmat, teman Saya. Sejak 4 tahun terakhir, Rahmat kerap menyajikan ulasan tempat-tempat wisata. Termasuk ragam jenis wisata minat khusus pada pembaca setia di laman media online. “Lumayan broh, sambil jalan-jalan bisa dapet cuan” seloroh Rahmat tiap ditanya soal aktivitasnya tersebut. Maka tak heran ketika tiba di lokasi rafting, Rahmat langsung melakukan obrolan serius dengan pihak pengelola dan beberapa pengunjung guna kelengkapan sajian pada media online kelak.


wajib pemanasan sebelum Rafting di mulai

peregangan supaya saat main rafting tidak kram.

 

…”udah gak sabar Rafting nih!” sahut Rizal yang begitu antusias ketika melihat arus sungai Selabung yang deras. “Sabar ya, bentar lagi…” ujar Rahmat yang masih membidik beberapa sudut dari lokasi Selabung Rafting menuntaskan kewajibannya. 

 

saya dan teman-teman plus pemandu dalam 1 perahu karet.

pose suka suka sebelum rafting dimulai adalah WAJIB!!!

Sungai Selabung adalah nama sungai yang terletak di desa Rantau Nipis kecamatan Banding Agung kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Mulanya aliran sungai Selabung dimanfaatkan warga untuk areal persawahan selain dimanfaatkan juga sebagai sarana kebutuhan harian warga. Menariknya, aliran sungai Selabung selalu deras meski di musim kemarau sekalipun. Dan kondisi airnya pun selalu jernih. Hal tersebut dikarenakan curah air yang berasal dari kawasan Danau Ranau. Jadi jika sedang tandang ke Danau Ranau pada bagian Muara Dua tak ada salahnya untuk singgah berwisata sembari berolahraga di Selabung Rafting. Cukup berkendara 50 menit dari letak alun alun Danau Ranau, desa Surabaya untuk menuju letak Selabung Rafting.

 

Happy bangeeeddddd

pose with view gunung Seminung heheheh

Untuk rute rafting, Selabung Rafting menyajikan 2 jenis. Rute panjang 12 km dengan jarak tempuh 4 jam dan rute pendek 3 km dengan jarak tempuh 1 jam. Setiap pengunjung wajib mengindahkan Standard Operasional Prosedur yang diberlakukan oleh pengelola Selabung Rafting. SOP mengacu pada standar aturan Federasi Arung jeram Indonesia (FAJI). Diantaranya, setiap peserta yang akan mengikuti arung jeram atau rafting wajib menyimak briefing dan stretching. Memakai peralatan keselamatan dan mengikuti arahan pemandu atau guide. Selain itu, peserta juga mendapatkan fasilitas keselamatan dari TIM Rescue Darat dan rescue Air yang berjaga dan bertanggung jawab melakukan penyelamatan jika ada peserta yang terjatuh atau terjadi flip. Termasuk setiap peserta rafting juga dipandu oleh guide atau skipper yang sudah terlatih dan berpengalaman. Usai briefing, Saya dan teman-teman langsung masuk ke perahu karet kapasitas untuk 6 orang dan wajib mengenakan life jacket. Tiap perahu akan terdapat 1 orang instruktur. Untuk rute panjang pengunjung dikenakan biaya 1 juta rupiah (6 orang dalam 1 perahu karet) dan 500.000 untuk rute pendek. Harga sudah termasuk guide, fasilitas rafting dan keselamatan hingga snack dan coffee/tea break usai rafting.

 


Saat volume air tenang

Saat mengarungi sungai Selabung suasana rafting begitu menyenangkan karena area hijau persawahan dan perkebunan disini kiri dan kanan dari aliran sungai. Selain itu kami dapat melihat langsung aktivitas warga yang khas. Karena pada beberapa bagian sungai terbilang dekat dengan lokasi hunian warga. Maka tak heran jika selama rafting Rahmat beberapa kali mengabadikan momen dengan kamera action anti air. Meski pihak Selabung Rafting juga menyiapkan dokumentasi setiap kegiatan pengunjung rafting.

 

tetep sadar kamera


Yang seru dari aktivitas rafting adalah berpuntal diantara gulungan air yang deras dan hantaman bebatuan terjal pada bantaran sungai. Maka tak heran jika beberapa kali perahu karet yang Saya dan teman-teman tumpangi terbalik. Meski begitu, justru jadi konten bagi Rahmat untuk merekam momen konyol kami semua. “Dasar pejuang konten lu!!” ujar Rizal pada Rahmat ketika kami semua terseok menyelamatkan diri dari perahu terbalik, Rahmat malah merekam ekspresi wajah kami sembari terbahak-bahak. Teman-teman Saya yang lain tak kalah heboh. Ferdi, Marza dan Fateh berkali-kali justru menikmati sensasi seru setiap perahu karet kami membentur bebatuan sungai.

 

…”ngirim apaan, lu?” tanya Fateh pada Rahmat ketika kami beristirahat usai mengarungi sungai Selabung dengan rentetan kisah seru. 

 

“ngirim hasil foto dan video kita tadi ke tim berita di kantor. Biar langsung diolah dan publish di akun berita online gue.” Jelas Rahmat. Bagi Rahmat menyajikan berita ‘up to date’ dengan dukungan foto dan video terkini adalah kebahagiaan tersendiri. Saya dan teman-teman yang sering melakukan traveling bareng tahu betul hal itu. 

 

seseruang di sela break aliran Rafting

Sejak Rahmat memulai bisnisnya mengelola portal berita hiburan dan pariwisata, saat itu juga Saya, Rahmat dan rekan-rekan lain sering melakukan perjalanan bersama. Bagi kami, liburan sembari mendapatkan bahan berita atau tulisan untuk diunggah pada portal media online dan juga media sosial adalah sesuatu yang istimewa. Semakin istimewa ketika akses internet stabil. Dengan IndiHome, akses internet tak hanya stabil tetapi juga terjangkau. Itulah mengapa Rahmat wajib sesegera mungkin mengirim foto dan video liputannya pada tim kantor karena tim kantor langsung meramu dan menyajikannya dengan cepat. Sebagai produk dari TelkomGroup, IndiHome memiliki track record yang baik sejak lama. Teknologi kabel fiber optic yang digunakan dalam layanan telekomonikasi IndiHome memungkinkan dapat melakukan berbagai aktivitas komunikasi serta transfer data lebih minim risiko, dapat berfungsi maksimal dan minim gangguan.

 

ada air terjun dalam rute Rafting!!!.

Tak heran jika Rahmat bersama tim kerjanya di kantor selalu mampu menghadirkan berita-berita faktual. Lengkap dengan foto dan video penunjang untuk para pembaca media online yang ia kelola. Rahmat juga selalu menyampaikan optimismenya pada sektor pariwisata pulih secara perlahan dan pasti setelah gempuran virus Covid-19 pada 2 tahun terakhir. Dengan mengusung optimisme Bangkit Bersama IndiHome, Pariwisata Pulih bukanlah sesuatu yang mustahil. Dengan semakin banyaknya jenis destinasi wisata dan kebutuhan berwisata bagi masyarakat saat ini maka dunia kepariwisataan akan kembali menggeliat. 

3 komentar :

  1. Selalu seru main rafting tuh. Tapi badan mesti sehat dan fit

    BalasHapus
  2. rafting ini merupakan wisata olahraga favorit di masyarakat. teman teman kantor saya suka banget. kampi pernah rafting sungai ello. saya sendiri pengen nyobain rafting sungai progo :-)

    BalasHapus
  3. Airnya jernih bangettttt 😍😍😍. Udah lama juga ga ngerafting. Aku JD kangen raftingan lagi. Tapi selama ini masih di pulau Jawa ngelakuinnya mas. Ntr kalo ke Lampung, aku mau cobain arung jeram di sungai ini 👍😄. Kliatan seru, dan view-nya cakeeep Yaa.

    BalasHapus

Scroll To Top