Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Jumat, 05 Desember 2014

BINUANG ; DAYA TARIK SEBUAH KECAMATAN


Gapura Selamat Datang - menyambut Anda memasuki kabupaten TAPIN dengan kecamatan pertama yang dilalui ; BINUANG


Pernah dengar kata ‘Binuang’?, jika belum, jangan terburu mengartikan Binuang sebagai nama tumbuhan, makanan, minuman atau jenis barang bermerek. Bukan itu.  Binuang adalah salah satu kecamatan di kabupaten Tapin – Kalimantan Selatan.  Meski bergelar Kecamatan, tetapi wilayah Binuang tercatat sebagai kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak di kabupaten Tapin.  Binuang juga adalah kecamatan pertama yang akan di lalui jika hendak ke kabupaten tapin. Memasuki  Binuang kita akan di sambut oleh Gapura selamat dating yang khas dan nuansa islami yang kuat. Seperti nuansa Binuang yang juga masih memegang teguh tradisi muslim. Di Kecamatan inilah saya menemukan banyak keunggulan Binuang meski hanya sebuah kecamatan. Di sekitar Binuang – tepatnya di wilayah kabupaten bajar terdapat banyak objek wisata menarik yang semuanya bernuansa alam.  Di Binuang sendiri ada banyak perbukitan yang sangat menarik, beberapa di antaranya terdapat danau yang terjadi akibat penambangan batubara yang kemudian dijadikan lokasi bersantai para warga setempat. Selain itu suasana ramai Binuang tak kalah dengan Rantau – Ibukota kabupaten Tapin. Jarak tempuh dari Binuang ke pusat kota Banjarmasin 3 jam dan  cukup 30 menit saja ke  pusat kabupaten – Tapin. Di Binuang juga banyak juga pengusaha batu bara. Jika melewati jalan utama akan terlihat rumah rumah megah yang tak biasa dengan gaya bangunan romawi modern lengkap dengan pohon kurma sebagai tanaman dipekarangan nan luas. Itu adalah rumah rumah para pengusaha batu bara. Nama mereka sangat tersohor bukan hanya di dalam kecamatan Binuang tetapi se-antero Kalimantan Selatan.

Binuang pula memiliki pasar tradisional yang menarik, karena sebagai kecamatan yang dekat ke bagian kecamatan lain dalam kabupaten Tapin, Binuang menjadi central banyak panganan khas Banjar. Sebut saja ketupat Kandangan yang asli Kandangan pun ada di jual di warung warung makan di Binuang. Belum lagi beragam wadai (kue) khas Banjar mudah sekali dijumpai di penjaja kue kue tradisional.


gelaran skala International yang di gelar di Sirkuit BALIPAT  photo by. https://otomaxonline.wordpress.com/2011/11/21/indoprix-2011-sirkuit-balipat-binuang-kalsel/

Yang membanggakan, di Binuang terdapat sirkuit berskala International – Sirkuit Balipat namanya. Beragam perhelatan balapan tingkat provinsi, nasional maupun internasional kerap di gelar di sirkuit yang panjang  lintasan sirkuit mencapai 1,85 km menjadikan sirkuit Balipat  sebagai sirkuit terbaik nomor 2 se-indonesia setelah sirkuit Sentul.  Kegemaran warga Binuang pada olah raga emang terlihat jelas. Banyaknya sarana dan prasarana penunjang olah raga mulai dari lapangan tenis yang memadai. Gelanggang Olah Raga yang sangat baik dan selalu di penuhi ragam kegiatan olah raga. Bahkan pembinaan atlet pun ada di Binuang. 

Potensi Wisata Alam yang menarik di Binuang.


Karena kelebihan kelebihan tersebutlah  saya sangat merasa nyaman tinggal di Binuang. Meski kecamatan tetapi ragam fasilitas olah raga sangat menunjang disini. Terlebih saya merasakan suasana kekeluargaan, aman dan makanan yang menyenangkan – penting.!

0 comments :

Posting Komentar

Scroll To Top