Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Jumat, 18 Agustus 2017

BERKUNJUNGLAH KE LAMPUNG BARAT - THE ORIGIN OF LAMPUNG






Ajakan untuk hadir dalam gelaran Festival Sekala Brak 2017 itu disampaikan oleh bang Eka setelah saya mengomentari postingan instagramnya soal Festival Sekala Brak 2017. Jujur saja, sejak pelaksanaan Festival Sekala Brak pertama di tahun 2014 silam, saya sudah mulai tertarik ikutserta, tapi sayang selalu benturan dengan waktu. Nah, ajakan bang Eka kali ini tidak akan saya lewatkan karena waktu pelaksanaannya tidak bersamaan dengan jadwal manggung! Hehehe, Sok Ngartis!!.



Gayung bersambut, niat terwujud. Komunikasi personal pun di jalin untuk melengkapi informasi seputar gelaran yang akan dihadiri. Meski awalnya sempat bingung mau berangkat dengan siapa, pasalnya beberapa teman yang sering jadi rekan ngeTrip berhalangan.  Lagi lagi bang Eka memberi solusi untuk menghubungi Tapis Blogger yang menurut informasi akan mengirimkan utusannya menghadiri Festival Sekala Brak 2017.  Melalui mba Naqqiyah – Permaisurinya Tapis Blogger, saya pun disambungkan dengan bang Raswan – traveler hits yang selanjutnya memasukkan saya kedalam group Whatsapp yang telah terisi rekan rekan yang akan tandang ke Lampung Barat – The Origin of Lampung.
Benar kata pepatah, dimana ada kemauan disitu ada jalan!. Niat saya untuk bisa hadir langsung dalam gelaran Festival Sekala Brak sejak 2014 silam terjawab di tahun 2017. Laammoooo nyoooo Brooh!!!. Dahlah, yang penting beneran berangkat!!.



KISAH DIBALIK   ‘THE ORIGIN OF LAMPUNG’

Secara administrative, Lampung Barat – ‘The Origin of Lampung Barat’ itu berbatasan langsung dengan kabupaten Ogan Komering Ulu – provinsi Sumatera Selatan dan kabuapten Way Kanan di bagian Utara.  Sementara di bagian Selatan, Lampung Barat berbatasan langsung dengan kawasan Pesisir Barat dan kabupaten Tanggamus. Bagian timur, Lampung Barat berbatasan dengan kabupaten Lampung Utara dan sebelah barat bersinggungan langsung dengan kabupaten Pesisir Barat serta kawasan Timur berbatasan dengan Lampung Utara dan Tanggamus. Akses ke Lampung Barat dapat ditempuh lebih kurang 6 (enam) jam perjalanan darat dari pusat kota Bandar Lampung.

Kebun Sayur Mayur di Tanah yang Subur tanda Rakyat Lampung barat Makmur

Lembah Batu Brak
Di Lampung Barat, saya mengenal sosok sosok putera daerah yang mengabdikan diri dan karyanya untuk kejayaan Lampung Barat itu sendiri. Selain bang Eka – yang banyak saya tuturkan dalam kisah kisah sebelumnya, ada pula bang Endang Guntoro Canggu – seorang photographer dan juga penulis yang aktif menyebarluaskan pesona Lampung Barat. “Lampung Barat diyakini sebagai asal usul orang Lampung.” ucap bang Endang mengawali penjelasannya pada saya ketika tiba di Lampung Barat.  Orang Lampung, ditengarai  menyebar dari Sekala Brak melalui aliran-aliran sungai.  Kata ‘Lampung’ sendiri berasal dari kata "anjak lambung" yang bermakna dari dataran tinggi. “Dulu orang Lampung bila ditanya,  kamu berasal dari mana ?, maka ia  akan  memyebut "anjak lambung" sembari menunjuk ke dataran tinggi gunung Pesagi”. Jelas bang Endang kemudian. Dahulu,  dilereng gunung Pesagi telah berdiri kerajaan termashur bernama kerajaan Sekala Brak dengan pemimpin pertamanya bernama La Laula dan pemimpin terakhirnya bernama Ratu Sekarmong yang menganut ajaran anisme Hindu Bairawa dengan sesembahan melasa kepampang, - sebuah pohon besar yg memiliki keunikan ;  getahnya menjadi racun mematikan namun dahan daun dan lainnya menjadi penawar racun itu sendiri.  Suku mereka bernama TUMI.  Masuknya 4 umpu yang berasal dari Samudera Pasai membawa ajaran Islam dan tentu ditolak mentah-mentah oleh Ratu Sekarmong.  Singkat cerita terjadi peperangan dan runtuhnya Sekala Brak kuno dan berdiri kerajaan Paksi Pak Sekala Brak ditandai dengan masuknya Islam ke bumi Lampung. “…dan selanjutnya untuk mencari tempat pemukiman dan berkebun, menyebarlah orang Lampung ke seluruh penjuru bumi Lampung dengan mengikuti aliran-aliran sungai.” urai bang Endang Gutoro. Aliran sungai yang bang Endang maksud dalam penuturannya itu, diantaranya ; Way (sungai) Besai, Way Tippon, Way Semaka,  dan Way Handak.

PESONA WISATA LAMPUNG BARAT

Sungguh saya menikmati alur penjelasan dari bang Endang Guntoro Canggu. Sampai sampai saya membayangkan ada dalam runutan kisah dimasa lampau tersebut.  Itu baru sebatas alasan mengapa sebutan ‘The Origin oa Lampung’ itu layak disematkan pada kabupaten Lampung Barat. Tapi, Lampung Barat sudah tersohor sejak dulu dalam hal kekayaan alam lengkap dengan pesona nya. Meski kini, sebagian kawasan dari Lampung Barat terpisah menjadi bagian dalam kabupaten baru – Pesisir Barat, tetapi keindahan alam Lampung Barat tidak bisa dianggap sebelah mata. 

danau ranau dan tampilan Gunung Seminung dari arah kawasan penginapan Pusri - OKU Selatan

WISATA ALAM

Pesona Wisata Alam Lampung Barat bukan sekedar kisah belaka, tetapi wajib disimak secara langsung. Mulai dari pesona alam Bukit Barisan Selatan yang menyimpan banyak pesona flora dan fauna yang selalu menarik minat kunjungan. Khususnya pecinta kekayaan hayati nusantara.  Bentangan Danau Ranau digaris perbatasan Sumatera Selatan juga merupakan pesona wisata alam Lampung Barat lengkap dengan Gunung Seminung yang bisa dijadikan spot pendakian para pecinta alam. Wisata alam mengagumkan di Lampung Barat lainnya, adalah SUOH, kawasan  yang mewakili kekayaan bumi Lampung Barat dengan pesona alami yang membentang disekitarnya ; panorama dari Danau Lebar, Danau Belibis, Danau Minyak dan Danau Asam. Lalu ada pula wisata keramikan Suoh yang berada di kaki bukit Gunung Ratu yang berupa lahar yang mengeras sehingga membentuk seperti semenyang berdekatan dengan sumber air panas. Selain geothermal Suoh – Lampung Barat pun memiliki Geotermal Sekincau – menurut bang Eka,  secara akses, geothermal Sekincau memang belum semudah menuju ke kawasan Suoh. Tetapi pesona dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya tak kalah mengagumkan dari kawasan Suoh.


A post shared by Budhi Marta Utama (@paralampung) on


Wisata Alam yang layak di nikmati ketika tandang ke Lampung Barat adalah Bukit kabut Bawang Bakung Geredai yang menjadi spot favorite bagi para photographer atau pemburu landscape indah berupa bentangan alam bak negeri diawan. 

iconic - Kebun Raya Liwa

sebagain kawasan Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa terletak di Desa Pekon Kubu Perahu, Kec. Balik Bukit, Liwa - Kabupaten Lampung Barat juga menjadi spot kunjungan yang menarik. Meski kini masih dalam proses optimalisasi, tapi kelak, pesona alam Kebun Raya Liwa (KRL) akan menjadi kawasan teduh di pusat kota Liwa – Lampung Barat sekaligus kawasan edukasi karena mengandung beragam flora yang dapat dijadikan ladang belajar para pecinta lingkungan selain ruang terbuka hijau yang menghibur bagi masyarakat kota Liwa – Lampung Barat.

aktivitas menjemur Kopi di pekarangan depan rumah

Selain itu, peson alam dalam bentangan perkebunan dan areal sawah warga Lampung Barat selalu menarik disimak selain gugusan perbukitan yang merupakan ladang kopi potensial Lampung Barat sebagai kawasan penghasil kopi robusta terbaik di Indonesia. Senantiasa berucap syukur atas keindahan bentangan alam termasuk kekayaannya yang melimpah. Tak berlebihan bila saya mengungkap bahwa Tuhan sedang tersenyum dan dalam kondisi bahagia ketika menciptakan alam Lampung Barat, hehehe.

batu ketulis

WISATA SEJARAH 

Mengulas sejarah, Lampung Barat merupakan kawasan yang mengetengahkan pelajaran sejarah berharga yang layak disimak. Bentangan pemukiman warga yang masih menyajikan bentuk hunian yang bernilai seni tinggi dan kandungan filosofi masyarakat Lampung Saibatin saja merupakan hidangan sejarah yang berharga. Belum lagi ritual keagamaan hingga hajatan masyarakat adat Paksi Pak Sekala Brak yang sarat akan nilai nilai sejarah yang berharga untuk disimak.

reruntuhan Candi Jepara atau Batu Kebayan

reruntuhan Candi Jepara atau Batu Kebayan

PENINGGALAN MEGALITIKUM

Sebagai ‘The Origin of Lampung’ – Lampung Barat memiliki beberapa benda purbakala dalam jejak sejarah masa lampau yang bila dirunut akan bermuara pada kisah kisah heroik nan memukau. Di kecamatan Sumber Jaya – Pekon Purajaya – Kecamatan Kebun Tebu, misalnya, penyuka wisata sejarah akan menjumpai aneka batuan jaman Megalitik, yang terdiri dari batu menhir (tegak), dolmen (meja), datar dan jenis lainnya. Kawasan ini di sebut Situr Megalitik Kebon Tebu atau juga kerap disebut  situs megalitikum Batu Brak. Dikawasan seluas  3,5 hektar ini, pengunjung akan menemui jejak sejarah yang merupakan bukti kehidupan di masa lampau.
Tak hanya itu, kunjungan saya dalam rangka menghadiri Festival Sekala Brak IV tahun 2017 di awal Agustus silam, saya dan rekan rekan sempat di bawa langsung oleh bang Eka melihat reruntuhan Candi Jepara atau Batu Kebayan dan prasasti tanjung raya berupa bebatuan dengan ragam jenis guratan dibagian permukaan batu.

WISATA KULINER

 Sungguh tak lengkap bila tandang ke sebuah kawasan tanpa menjajal kenikmatan khas dari kuliner kawasan tersebut. Di Lampung Barat, sajian kuliner yang bisa kamu temui tak hanya nikmat kala dicecap tetapi juga mengandung kisah sebagai bagian dari tata cara kehidupan bermasyarakat Lampung Saibatin nan khas.
Gulai Taboh, adalah sesuatu yang khas dari masyarakat Lampung Barat. Gulai atau sayur santan kental nan gurih ini bersanding dengan sayur mayur berupa terong, labu hingga kacang panjang dan ikan kering.  Pada dasarnya, kuliner masyarakat Saibatin tidak pernah lepas dari sajian ikan. Sebagaimana masyarakat Saibatin yang hidup berdampingan dengan laut, sehingga telah menjadi bagiand ari tradisi menjadikan olahan hasil laut sebagai bagiand ari kuliner khas Saibatin.  Selain itu, ada pula Kuwol – sebutan masyarakat Saibatin Lampung Barat untuk jenis kerang kecil sungai berwarna hitam yang dikonsumsi dengan cara men-cucup bagian kerang agar daging bagian dalam keluar dari cangkang.  Halipu  adalah jenis kerang hitam yang ukurannya lebih besar ketimbang Kuwol yang kerap di masak tanpa cangkang.

gulai taboh khas Lampung Barat

tumis pucuk daun labu


Sungguh lengkap pesona Lampung Barat.  Kekayaan dan keindahan alam yang memikat, keagungan adat istiadat dan tata kehidupan masyarakat yang islami dengan keramahtamahan serta keharmonisan hidup. Patutlah Lampung Barat masuk dalam daftar kunjungan ketika kamu tandang ke provinsi Lampung.  Segala keagungan hidup masyarakat Lampung Saibatin ada di Lampung Barat. Belumlah lengkap ke Lampung bisa belum ke Lampung Barat. Karena Lampung Barat ; The Origin of Lampung.

Noted ;
Butuh informasi lengkap seputar pesona Lampung Barat dapat menghubungi  Eka Fendi - 082186409723

2 komentar :

  1. MANtap bang Indera, blogger produktif selampung, hehe.. Aq baru 2 tulisan, dia udah ke sembilan.. Ayoo nulis lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh pujiannya ketinggian..btw tulisan ku ringan ringan aja makanya bisa banyak mbaa heheheh..... makasih udah mampir..

      Hapus

Scroll To Top