Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 27 Desember 2016

MENJAJAL KULINER THAILAND YANG SENSASIONAL




Sebagai pejalan atau gelar bekennya – wisatawan, kurang lengkap rasanya jika tidak menjajal  kuliner di lokasi kunjungan. Terlebih jika tempat yang dikunjungi tersebut tersohor dengan kulinernya, jauh lebih tersohor dari sajian  ‘Om Telolet Om’! , eehh!. 




Thailand.  Tak hanya terkenal dengan destinasi wisata dan atraksi seni budaya semata, tetapi juga keistimewaan kulinernya.   Ragam kuliner khas dari negeri Gajah Putih ini selalu mendatangkan magnet  bagi wisatawan.    Jenis kuliner Thailand pun beragam, mulai dari bentuk hingga rasa yang sangat bervariasi. Tengok saja Streetfoodnya yang menyajikan keindahan bentuk dengan  keragaman cita rasa.  Dan yang paling menyenangkan sebagai pejalan adalah, harga kuliner Thailand tidak terlampau malah. Jadi masihlah terjangkau bagi pejalan yang tidak terlalu membawa banyak uang – yaa seperti saya ini laah, hehehe.




 
Nah, beberapa waktu lalu, tepatnya pada awal November 2016 saya berkesempatan mengunjungi Thailand bersama teman teman SoulStories dan peserta Micro Banking BRI. Itupun karena menang kontes menyanyi dan ngMC via ponsel, hehehe.   Dalam kunjungan yang berlangsung 7 hari tersebut, saya berkesempatan mencicipi beberapa makanan khas Thailand, baik yang terhidang sebagai bagian dari kegiatan maupun makanan yang saya beli sendiri, – maklum hasutan perut buat jajal menu yang tak bisa ditunda, hehehe.  Berikut beberapa makanan yang sempat saya abadikan dengan kamera ponsel maupun dari kamera teman seperjalanan.
Tom Yam Lezat

TOM YAM
Semangkuk Tom Yam terhidang di depan saya pada restaurant yang menyajikan beragam menu makan siang ketika  pertama tiba di Thailand. Saya langsung mengenali semangkuk soup di depan saya saat itu adalah Tom Yam karena beberapa kali sempat menikmati sajian serupa di Indonesia.   Bagi penyuka hidangan laut, Tom Yum adalah pilihan tepat. Kuah soup yang gurih dengan sensasi  asam pedas di lidah membuat semangkuk soup Tom Yam menjadi istimewa. Terlebih, komposisi seafood segar didalam kuah soup menjadikan Tom Yam semakin istimewa.  Selain Tom Yam berkuah kental dengan sensasi asam pedas yang kuat,   tersedia juga  Tom Yam Goong  dengan kuah kaldu ayam yang lebih terasa disertai bihun dan sayuran segar dalam penyajiannya.   Lezatnya Tom Yam Thailand  tak perlu diragukan. Selama 7 hari di Thailand, soup Tom Yam senantiasa mewarnai hidangan makan saya dan teman teman.


 
THAI GRILLD – STREET FOOD

Saya sempat ke Pasar  Ramkhamhaeng yang letaknya tak jauh dari hotel Al Meroz – dimana saya dan teman teman bermalam saat itu. Sungguh saya menyukai kunjungan ke pasar tradisional.
Di pasar pagi Ramkhamhaeng dapat dengan mudah saya temui beragam jajanan pasar.
Aroma lezat membumbung menusuk hidung disetiap keramaian pasar. Tak ubahnya dengan aroma gorengan dikeramaian jalan di Indonesia. Tapi aroma jajanan di Thailand justru banyak berasal dari proses barbeque yang mudah ditemui  di beberapa pinggir jalan di Thailand. 
Sebagai penyuka hidangan seafood, saya langsung menjajal  Barbeque Squid yang ada dalam jajaran street food di pasar Ramkhamhaeng.  Bentuknya sungguh menggoda. Terlebih satu tusuk cumi bakar tersebut dilengkapi dengan saus yang sangat khas Thailand, ada nuansa asam dengan pedas yang pas. Juga tambahan saus mayonnaise. Hhhmmm.. Lezat! Tak hanya itu, saya juga mencoba barbeque chicken roll  yang menyerupai pentul dengan batang sereh sebagai gagangnya. Bentuk dan rasa yang tak biasa.

barbeque Squid - Cumi Bakar dengan Saus Mayonneise pedas


Brbeque Chicken Rool

MANGGO STICKY  RICE & KANOM KROK
Selain jenis hidangan utama dan beberapa jenis streetfood yang menggoda selera, jangan pernah lupa untuk melengkapi sensasi bersantap dengan dua jenis hidangan penutup yang  menurut saya sungguh wajib di coba langsung jika tandang ke Thailand.

Dari banyaknya jenis makanan penutup, saya menyukai Kanom Krok  dan Manggo Sticky Rice.
Kanom Krok merupakan kue kelapa yang dimasak dengan penggorengan bulat yang memiliki bolongan-bolongan kecil seperti penggorengan yang dipakai untuk memasak Takoyaki.  Kue ini terdiri dari bahan-bahan sederhana seperti tepung, santan, gula, garam, dan gula aren. Biasanya ditambah juga dengan taburan daun bawang di atasnya. Kue gurih ini nggak boleh kamu lewatkan kalau sedang jalan-jalan ke Thailand.


Kanom Krok


Selanjutnya yang  tak boleh tertinggal adalah santapan khas Thailand nan lezat ; Manggo Sticky Rice atau Khao niew ma muang. Sajiannya terdiri dari Ketan yang dihidang bersama potongan mangga segar dan krim santan yang manis ini termasuk makanan khas Thailand yang nggak boleh kamu lewatkan.  Makanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di setiap sudut jalanan kota Bangkok. Apalagi saat sedang musim mangga. Dijamin kamu akan menemukan makanan ini di mana-mana.

Manggo Sticky Rice

 Rasanya tak cukup satu jenis kisah jika mengurai  kuliner khas Thailand. Selain soal cita rasa yang khas, ragam sajian dengan bentuk yang menggugah mata dan hasrat bersantap. Sungguh saya ingin menjajal jenis kuliner Thailand lainnya jika kelak diajak oleh @wisatathailand dan @yukmakancom bertandang ke Thailand.    Semoga.

2 komentar :

  1. Cumi Bakar dengan Saus Mayonneise pedas itu lho kak,
    bikin ngiler ajah...
    Kapan ya aku diajak jalan ke Thailand :D

    BalasHapus
  2. siap Oom Yo..nanti kita ke Thailand bareng.. btw soal photo jauh laah ama jago nya oom Yo hehehe - saya masih belajar oom. heheheh

    BalasHapus

Scroll To Top