Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Minggu, 01 Januari 2017

PELAJARAN 2016 UNTUK LANGKAH OPTIMIS 2017




Tahun 2016 telah berlalu. Menyisakan beragam untaian kenangan indah dan pelajaran berharga yang kelak jadi pedoman untuk melangkah lebih baik lagi di tahun 2017. Banyak hal seru yang terjadi di 2016, meski tak sedikit hal hal pahit menghampiri. Kekecewaan, kekalahan hingga penghianatan menghias langkah hidup di 2016. Menyerah?, tentu tidak. Hidup harus terus berlanjut meski beragam halang rintang menghadang. 



 

LELAKI PENGHIBUR

Jiwa musik telah melekat pada diri saya sejak kecil. Bermula dari kegemaran  mendengarkan musiklah yang kemudian menghantarkan saya pada profesi dunia panggung. Sejak duduk di bangku SMP saya telah menjalani peran sebagai penyanyi orkes dangdut melayu dari kampung ke kampung, -terbayangkan, sejak SMP saya sudah jadi penyanyi Dangdut!.Hoobahh.!!
 Tampil bernyanyi dihadapan orang banyak itulah yang kemudian menjadi wadah ‘uji nyali’ saya berhadapan dengan banyak orang yang tanpa disadari kelak bermanfaat bagi saya dalam beragam bidang kehidupan yang saya lakoni.

MC WEDDING
 
Sampai kini, saya masih melebeli diri sebagai ‘Pria Penghibur’ dalam dunia panggung yang saya geluti. Mulai dari jadi Penyanyi Kawinan, Penyanyi Café & Resto, jadi pemandu acara dalam beberapa jenis acara mulai dari acara sunatan hingga kawinan, dari acara tingkat kecamatan hingga memandu acara yang audience nya Menteri dan Presiden. Keberagaman acara yang saya pandu itulah yang menjadikan saya sebagai pribadi yang fleksibel dan mudah menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. 

MC Lampung Selatan Fair 2016
SAYANG KELUARGA
“Sesibuk apapun urusan diluar rumah, selalu ada waktu untuk Quality Time bersama anak istri” – demikian upaya yang selalu saya ucapkan dan bersyukur karena senantiasa terpenuhi hingga kini.  
Meski nyaris setiap akhir pekan waktu saya habis terpakai untuk menjalani profesi sebagai ‘Pria Penghibur’, tetapi waktu berkualitas bersama anak istri selalu tersedia. Tak perlu berlama-lama, kualitas dalam pembicaraan dan pertemuan adalah hal yang utama. Dalam kondisi masih Sekolah Dasar, menjadi sebuah kesempatan bagi saya untuk mengarahkan anak anak melalui obrolan singkat yang kerap saya lakukan untuk memahami kisah keseharian dan impian masa depan mereka. 



PENULIS KISAH PERJALANAN
Kegemaran saya dalam menulis telah tumbuh sejak  Sekolah Menengah Pertama dengan gemar menulis di buku Diary yang berisi curhatan, kisah cinta monyet dan untaian kata kata puitis standar anak SMP.
Berjalannya waktu, kegemaran menulis terus tumbuh seiring kegemaran saya membaca dan mengoleksi buku.  Terlebih seringnya saya melakukan perjalanan yang menurut saya banyak kisah inspiratif yang perlu saya tulis.  Sejak 2010 saya telah  memulai menuliaskan kisah kisah perjalanan maupun cerita aktivitas keseharian dalam blog meski saya sadar diri, blog yang saya buat belumlah begitu maksimal.


Sang Pencipta merengkuh keinginan saya. November 2014 saya dipertemukan dengan dua sosok wanita berprofesi Travel Blogger – mba Donna Imelda dan mba Evi Indrawanto dalam event Festival Teluk Semaka – Tanggamus – Lampung, yang kemudian ‘memukul’ saya untuk serius menulis dan mengurus blog.  Keinginan personal pun terpenuhi ketika rekan baik bernama Alan membantu saya merubah blog menjadi ; www.duniaindra.com . Sejak akhir 2014 itulah saya giat bahkan bersemangat tinggi menekuni bidang Travel Blogger.

photo by mas Teguh


DARI KOMUNITAS HINGGA ORGANISASI
Bisa jadi, seringnya saya berhadapan dengan ragam audience dan bekerjasama dengan banyak pihak membuat saya menyukai terlibat dalam organisasi dan juga komunitas.
Seingat saya, sejak SMP pun saya telah aktif dalam beberapa organisasi di lingkungan sekolah. Mulai dari OSIS hingga PMR. Begitupula ketika SMA, nyaris semua organisasi resmi di sekolah hingga kumpulan seperti klub baca, pertemuan diskusi, sanggar tari dan teater hingga beberapa komunitas kreatif selalu menarik minat saya.  Kegemaran berorganisasi dan bersinggungan dengan banyak pihak dalam beragam komunitas terus tumbuh. Hingga kini, saya masih aktif dalam beberapa organisasi dan juga komunitas. Menjadi Founder organisasi Ikatan Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung –  IMKOBAL di tahun 2008. Aktif menjadi bagian hingga di percaya menjadi Ketua Kompartemen Seni, Budaya dan Pariwisata dalam organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia – HIPMI LAMPUNG sejak 2009 hingga kini.  Ketua III – Asosiasi Duta Wisata Indonesia (ADWINDO), Hingga menjadi bagian dari  AIESEC UNILA dan aktif terlibat dalam beberapa komunitas pemuda di provinsi Lampung hingga yang terbaru dan yang membuat saya bersemangat adalah tergabung dalam  KRAKATAU DIGITAL MOVEMENT.

dalam acara HIPMI Lampung

REMAJA & KEMAMPUAN KOMUNIKASI
Dalam setiap bidang kegiatan yang saya jalani, nyaris semua aktivitas bersinggungan dengan remaja.  Dan lambat laun meninggalkan pertanyaan dari kecenderungan remaja yang sulit berbicara didepan umum. Beragam alasanpun saya temui, mulai dari  tidak tahu memulai pembicaraan hingga merasa malu, takut dan gugup. Hal ini, bila tidak diarahkan akan jadi kendala besar dikemudian waktu. Sementara sebagian besar bidang pekerjaan menggunakan kemampuan berbicara yang tepat.

Itulah kemudian yang menjadi alasan saya membuat RUANG BICARA. Sebuah wadah yang kelak dapat menjadi tempat belajar para remaja yang memiliki kecenderungan sulit berbicara di depan umum hingga bagi mereka yang ingin belajar memandu acara secara professional.



Tak hanya itu, fokus saya pada peningkatan kemampuan berkomunikasi dan public speaking remaja membuat saya kerap membuka kelas kelas kecil yang diprakarsai oleh komunitas, organisasi maupun media cetak atau elektronik di Lampung.  Salah satu yang saya lakukan diakhir tahun 2016 lalu menjadi pemateri dalam kelas ‘Let’s Speak Up with ZetiZen Radar Lampung’, dengan menghadirkan peserta hingga 50 orang.



TERUS BER-PROGRESS

Dari semua aktivitas yang mewarnai kehidupan saya hingga beragam pencapaian di tahun 2016, saya tetaplah pribadi yang meniatkan diri untuk terus berprogress. Setiap hari menetapkan target dan konsisten dengan jalur yang sejak lama telah saya bangun dengan maksimal. Meski pada perjalanannya mendapat kritikan pedas, benturan keras dengan pihak pihak yang bisa jadi tidak sepenuhnya memahami saya. Kesemuanya tidak mematahkan semangat saya untuk terus berbuat.  Sebagian besar memberi gelar saya sebagai orang yang Ambisius. Benar adanya. Saya memang memiliki Ambisi. Tetapi Ambisi yang saya miliki dapat terukur. Saya Ambisius yang realistis. Bukan Ambisi hayalan belaka. Termasuk berambisi pada beberapa impian dan target yang kelak tercapai.   Salahsatunya untuk bisa jadi bagian dari Kerala Blog Express Season 4. Berkenan kiranya mendukung saya dengan bantuan Vote agar saya dapat mewakili Indonesia dalam Kerala Blog Express Season 4. Caranya, klik Link ini ; http://bit.ly/duniaindra dengan Login menggunakan akun facebook masing masing. Klik Vote Now pada photo saya – Indra Pradya Duniaindra dari Indonesia. Bila kata ‘Vote Now’ berubah menjadi ‘Voted’ itu tandanya Vote berhasil terhitung untuk saya. Terima kasih atas dukungan vote-nya.

3 komentar :

  1. Tahun yang sibuk dan menggairahkan ya bang :) sehat terus, dan InsyaAllah tahun depan akan lebih sibuk lagi. Amin ^_^

    BalasHapus
  2. Makin kece aja blognya, semoga makin banyak prestasi di tahun 2017 ya, Bang..Aamiin

    BalasHapus
  3. amin mbaa Naqqi...aku juga masih belajar mbaaa..beruntung banyak pihak yang ebrkenan di repotkan dengan pertanyaann ku seputar mendandani Blog hehehehe amin amin buat doa nya yaa mba..sukses buat kita semua yaa mbaa...

    BalasHapus

Scroll To Top