Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 12 Desember 2017

TIPS NGETRIP KE SUOH. WASPADA DENGAN NOMOR 9 DAN 10.


Sejak kisah perjalanan ke Suoh yang saya tuturkan dalam dua judul terpisah di Blog, sejak itu pula saya menerima beragam pertanyaan langsung terlebih pertanyaan dari  rekan-rekan terdekat yang belum pernah ke Suoh. Paling banyak pertanyaan seputar cara menuju Suoh. Karena nyaris separuh dari kerabat dan rekan karib saya tidak mengenal Suoh sebelumnya. Oohh… kasihan dikau nak!, hihihi.


uap dari panas bumi di kawasan Nirwana - Suoh

Jadi, selain menuturkan kisah perjalanan yang secara langsung saya rasakan, ada baiknya saya juga sertakan tips praktis yang harus kamu ketahui agar kunjungan ke Suoh jadi lebih efektif dan efisien.

So, mari simak uraian tips buat kamu yang mau ngetrip ke Suoh. Lets go Genks!! …

1.            Suoh,  merupakan salah satu kecamatan yang ada dalam kabupaten Lampung Barat. Buat kamu yang berminat mendatanginya tentu terlebih dahulu tandang ke Ibukota dari Lampung Barat, yakni Liwa. Dari Liwa menuju Suoh dapat ditempuh via Sukabumi atau via Sekincau, tapi gak bisa lewat via Valen ya,….wkwkwwk..Oopss..maaf sayang, opo koe krungu?!...hhmmh… Sebenarnya, akses ke Suoh juga dapat di akses melalui kabupaten Tanggamus (khusus yang via Tanggamus saya belum pernah mengalaminya langsung). Baiknya dimulai dari Liwa saja. Karena jika bermula dari Liwa maka ada banyak pesona wisata di Liwa yang juga bisa kamu tandangi. Bandar Lampung ke Liwa ; 6 jam. Liwa ke Suoh ; 1,5 jam.  Tersedia travel yang dapat membawa kamu dari Bandar Lampung ke Liwa.  Dapat hubungi Nomor Ponsel Travel ke Liwa ; 082185961010/085841060106.
Baca kisah perjalanan saya ke Suoh  ….Perjalanan ke Suoh 
Pesona Suoh - Lampung Barat

gumpalan tanah yang mengeras bagai bebatuan dalam kawasan Nirwana

stalaktit dalam kawasan Nirwana - Suoh

2.            Sebelum trip menuju Suoh, pastikan kesehatan kamu dalam kondisi yang benar-benar prima. Hal ini berkenaan dengan akses menuju ke Suoh yang kelak akan kamu hadapi.  Mulai dari kondisi jalan yang memadai, beton mulus hingga jalan kerikil. Kamu juga harus rela bersinggungan dengan cuaca yang cukup terik di musim panas dan medan jalan yang licin dan berlumpur ketika musim hujan tiba.
3.            Suoh merupakan jenis wisata alam dan minat khusus, jadi kalau kamu keberatan terkena lumpur, takut panas, takut hitam kena matahari hingga takut kulitmu terkena ilalang, baiknya tak perlu ke Suoh!. JLeb!.
4.            Suoh termasuk kawasan minim Fasilitas. Bukan karena tidak adanya pembangunan atau ketidakpedulian pemerintah daerah tetapi karena potensi  panas bumi dalam kawasan Keramikan dan Nirwana itu berada dalam kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dan berbatasan langsung dengan zona rehabilitasi dan zona inti dari TNBBS tersebut.  Soal kelengkapan fasilitas, sudah barang tentu penyediaan fasilitas harus mengindahkan kaidah TNBBS.  TNBBS kan kawasan konservasi jadi gak boleh sembarangan sediakan fasilitas modern karena menyangkut kelangsungan hidup flora dan fauna didalamnya.

menikmati padang Savana di kawasan Suoh
5.             Meski sejauh ini pengelolaan kawasan wisata di Suoh masih ditangani oleh masyarakat setempat, tapi pengunjung dapat menemukan beberapa warung yang menjajakan makanan sederhana yang bisa kamu jadikan tempat bersantap atau sekedar jajan camilan ala kampung. Bahkan, bila kamu tertarik untuk bermalam pun, ada beberapa rumah warga yang bisa kamu tempati sebagai sarana bermalam.
6.            Siapkan uang tunai selama melakukan trip ke Suoh. Terlebih buat kamu yang nantinya akan jajan atau makan di warung. Karena tidak tersedia ATM selama dalam perjalanan hingga dalam kawasan Suoh. Yaa, kalee ada ATM deket sumber panas bumi.!
7.            Jangan lupa bawa perlengkapan personal penunjang kelancaran kamu dalam perjalanan, seperti ; obat-obatan pribadi, sunblock (buat yang takut kulitnya hitam), camilan (buat kamu yang bakal mati kalo gak ngemil), topi atau barang barang endorse-an  lainnya – khusus artis endorsan laah ini…hahaha.


8.            Sebagai pendatang tentu kamu harus berkenan menjaga lingkungan, jangan buang sampah sembarangan atau merusak tanaman serta berkenan menjaga fasilitas sederhana yang ada dalam lingkungan Suoh.
9.            Khusus saat tandang ke kawasan Keramikan dan Nirwana, kamu wajib mentaati peraturan yang berlaku dikawasan tersebut. Diantaranya larangan untuk menginjak atau melewati beberapa bagian yang dapat menyebabkan rapuhnya lapisan tanah keramikan.  Ikuti aturan yang diberikan pemandu setempat, ya.   Selain itu, Jangan pula menulis nama kamu dan pacar atau teman di hamparan keramikan ya, karena itu benar-benar tidak penting!. Kamu kan manusia jadi jangan melakukan Vandalisme yaaa… Mari jaga dan cintai kekayaan alam Lampung Barat.
 
A post shared by LAMPUNG BARAT (@sekalabrak_treasuresoflampung) on

10.    Buat kamu yang belum pernah sama sekali ke Suoh, ada baiknya ditemani pihak yang telah mengetahui kawasan Suoh.  Piknik Liwa, adalah pihak yang mampu membawa kamu tiba di kawasan Suoh dengan selamat dan suasana menyenangkan. Selain itu Piknik Liwa juga menyediakan Homestay yang nyaman yang bisa kamu jadikan sarana bermalam kamu selama di Liwa. Ojek & Homestay Piknik Liwa – 082186409723.

2 komentar :

  1. Waah ini lebih bagus ketimbang sumber air panas yang ada di Tanggamus waktu itu ya bang. Sekilas lelehannya mirip yang ada di Pamukkale Turki (err belom ke sana sih, cuma liat di foto hehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes.... kalo yang kita datangi yang di Tanggamus itu sumber geothermal tanpa ada keramikan dan hamparan uap Nirwana kayak di Suoh...waddduuuhhhh Turki??!! hhmm.. menarik juga buat didatangi ...hehehe

      Hapus

Scroll To Top