Dunia Inspirasi Penuh Warna by Indra Pradya

Selasa, 20 Maret 2018

LIBURAN 2HARI 2MALAM, INI YANG KAMU DAPAT BILA TANDANG KE LAMPUNG BARAT


Punya waktu liburan ke Lampung?. Tak hanya wisata bahari yang dapat kamu kunjungi.  Pesona budaya dan keindahan alam juga jadi bagian dari daya tarik di Lampung. Nah, bila kamu menyukai alam dan citarasa budaya Lampung Pesisir yang kental, Lampung Barat adalah pilihan tepat untuk kamu kunjungi. Meski cuma punya jatah libur 2 hari 2 malam saja, cukuplah memuaskan hasrat tandang ke Lampung Barat secara langsung.   Dan berikut kisah saya dan teman-teman lakukan pada akhir pekan silam, 16-18 Maret 2018. Berangkat Jum’at malam dari Bandar Lampung dan kembali lagi ke Bandar Lampung pada Minggu malam.

Trip to Suoh - ramean lebih seru!!! - photo by bang Eka

Akses menuju Lampung Barat dapat ditempuh dengan kendaraan travel dari Bandar Lampung. Tersedia mobil travel  di Bandar Lampung yang akan berangkat ke Lampung Barat pada pagi dan malam hari.  Butuh waktu 6 jam perjalanan darat dari Bandar Lampung ke Lampung Barat.  Jadi bila kamu memilih travel pada pukul 9 pagi maka kamu akan tiba di Liwa – Ibukota dari Lampung Barat sebelum pukul 3 sore. Jika kamu memilih travel pukul 7 malam, maka kamu akan tiba di pusat kota Liwa pada tengah malam. Jarak tempuh selama 6 jam akan terjadi bila lalu lintas lancar tanpa macet berarti.  Soal jadwal travel Bandar Lampung ke Lampung Barat, dapat langsung menghubungi  Travel Piknik Liwa – 082185961010.


Soal tempat bermalam, jangan khawatir. Kamu bisa tinggal di homestay Aliwa yang berada di tengah kota Liwa. Suasana rumahan dengan sarana bermalam memadai akan kamu dapatkan disini. Terlebih buat kamu yang suka dengan kehidupan masyarakat lokal di Lampung Barat. Homestay Aliwa bisa jadi tempat menarik karena bersinggungan langsung dengan kehidupan sang pemilik rumah. Yang juga tak kalah seru, kamu akan sempat mencicipi masakan khas Lampung Barat bila bermalam di Homestay Aliwa.
Eka – Homestay Aliwa – 082186409723

BACA JUGA ; HOMESTAY ALIWA
 
mengabadikan diri depan Penginapan - Homestay Aliwa - photo by bang Eka

HARI PERTAMA KUNJUNGAN KE LAMPUNG BARAT

Bila trip mu dimulai pada Jum’at malam, maka Sabtu dini hari (pukul 00.30) langsung tiba di Liwa. Itupun bila tidak terkena macet yang berarti disepanjang jalan menuju Liwa.  Istirahat sesaat sebelum kemudian menuju kawasan Bukit Geredai Bawang Bakung pada pukul 6 pagi.  Bagi penyuka suasana pagi dan hamparan kabut, pemandangan dari puncak Bukit Geredai Bawang Bakung akan jadi sesuatu yang sangat bernilai.  Terlebih menikmati moment pagi sembari sarapan dan secangkir kopi. Hhhmm… Sangat Memukau!!.
photo bersama di puncak Bukit Geredai Bawang Bakung - photo by bang Eka


 
mengabadikan diri di areal sawah dalam kawasan Lembah Batu Brak

Usai menyambut fajar dan berlama-lama mengabadikan kabut pagi dengan photo suka-suka, perjalanan beralih pada hamparan persawahan di kawasan Lembah Batu Brak. Tak hanya itu, sensasi suasana damai pedesaan dengan mudah terasa. Bagi yang menyukai nilai budaya, pengujung akan dibuat terpukau dengan bangunan istana Kepaksian Pernong – salah satu dari 4 Kepaksian (kerajaan) masyarakat Lampung Pesisir di Lampung Barat. Pasalnya, sebelum menuruni kawasan Lembah Batu Brak, pengunjung akan melalui bangunan Kepaksian Pernong. Bila beruntung, bisa bertegur-sapa dengan penghuni istana lho!.

Masih melanjutkan hari pertama di Lampung Barat. Jangan lewatkan menyambangi pembuatan kue kue khas Lampung Barat. ‘Dua Putri’ adalah markas pembuat kue kue khas Lampung Barat. Buak Tat- adalah nama kue khas Lampung Barat yang wajib dicoba langsung bila tandang ke ‘Dua Putri’. Selain itu ada pula kue Kumbang Guyang, Kue Cucukh, Kue Semprong hingga gula merah dan kopi khas Lampung Barat. Semuanya wajib di coba dan dibeli sebagai buah tangan dari Lampung Barat.

pusat kota Liwa kala Malam
 

Mendekati tengah siang, kamu dapat menikmati kuliner khas Lampung Barat sebagai menu pilihan makan siang. Ada banyak jenis suguhan makan siang khas di kota Liwa. Salah satunya rumah makan Jejama.  Selain itu, sempatkan untuk menikmati mie ayam Sarka – sajian mie ayam khas di kota Liwa. Dijamin sensasi rasa mie ayam yang berbeda!.

Menikmati suasana siang menjelang sore, kamu dapat menyempatkan waktu bersantai di kawasan Sekuting Terpadu. Kawasan umum yang menyediakan ebragam fasilitas. Mulai dari Islamic Center, beragam sarana Olah Raga hingga Gedung Serba Guna yang kerap menggelar acara acara menarik. Selain itu, kawasan Sekuting Terpadu juga jadi spot santi masyarakat kota Liwa. Sehingga memungkinkan pengunjung menyimak kegiatan masyarakat lokal secara maksimal.



Selain kawasan Sekuting Terpadu, Kebun Raya Liwa (KRL) adalah kawasan umum yang dapat dikunjungi. Selain suasana alami dengan penataan yang modern, pengunjung juga dapat memanfaatkan sarana santai di beragam sudut KRL. 
Kebun Raya Liwa, tak hanya sebagai kawasan konservasi flora dan fauna semata, melainkan sebagai kawasan rekreasi yang menawarkan sentuhan edukasi beragam jenis tumbuhan.

Beranjak sore, kamu dapat memafaatkan waktu dengan menunjungi kawasan Kubu Perahu yang ada dalam area Taman Nasional Bukit Barisan Selatan  (TNBBS) – Lampung Barat. Selain suasana sejuk alami TNBBS, pengunjung dapat menjajal segarnya air sungai Muara Kasih yang terdapat dalam kawasan Kubu Perahu.

Beranjak malam, kamu dapat sejenak tandang ke Lamban Sekura dan mendengar penuturan seputar sejarah dan filosofi dibalik topeng Sekura dari sang Maestro Sekura di Lampung Barat - Mamak Wayak. Manfaatkan malam minggu dengan menikmati Liwa dikala malam. Sempatkan bersantai di taman Hamtembiu yang selalu ramai sembari mencicipi jajanan khas dan  kuliner kota Liwa.

 
Mandi Sore di Sungai Muara Kasihi kawasan Kubu Perahu - TNBBS. Photo by Mamak Unchu

HARI KEDUA KUNJUNGAN KE LAMPUNG BARAT

Memasuki hari kedua berwisata di Lampung Barat. Saatnya tandang ke kawasan Suoh yang mengagumkan. Suoh merupakan spot wisata yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan (TNBBS).  Itulah sebabnya, kawasan Suoh terbilang minim fasilitas modern. Butuh waktu lebih kurang 2 jam untuk menempuh Suoh dari pusat kota Liwa. Dengan akses jalan yang kini telah jauh lebih memadai dan terbilang lancar.


 
pusat geothermal di kawasan Keramikan - SUOH

Tiba di Suoh, kunjungan dimulai dari memasuki kawasan Danau Asam, melakukan penyeberangan ke hamparan pasir kuning sebelum kemudian melakukan tracking menuju hamparan Keramikan dan Nirwana. Selama tracking, kamu akan menikmati hamparan padang ilalang dan beberapa sumber mata air panas yang tersebar di sekitar kawasan Suoh. Itulah sebabnya, kamu harus membayar pemandu lokal ketika menuju kawasan Keramikan Suoh. Karena bila tidak didampingi pemandu, selain tersesat, bisa bisa kamu menginjak sumber air panas. Jangan sampai kamu hilang terperosok dalam kubangan air panas yaa..hehehe.

photo gaya suka suka di keramikan SUOH
 
BACA JUGA ; TIPS KE SUOH

Menikmati pesona kawasan Suoh sepanjang hari adalah kebahagiaan tersendiri bagi kamu pencinta pesona alam. Terlebih bila kamu menyukai sesuatu yang alami. Itulah sebabnya, bagi yang ingin ke Suoh, hendaknya menghubungi pihak yang benar-benar paham akan kondisi kawasan, sekaligus yang berkenan membantu kamu menawar harga pada beberapa titik dalam kawasan Suoh.

liburan keluarga di kawasan Nirwana - SUOH

piknik kelularga di area dekat Danau Lebar - kawasan Suoh
 
SUOH PRICE NOTED ;
·         Travel Bandar Lampung – Liwa  : Rp. 100.000 (sekali jalan)
·         Homestay Aliwa : Rp. 100.000/orang/malam include sarapan dengan menu khas Lampung Barat.
·         Biaya Ojek Liwa ke Suoh : Rp. 150.000 (PP) atau Sewa Mobil Rp.250.000 (PP)
·         Biaya Masuk kawasan Danau Asam – Suoh Rp.75.000/orang
·         Biaya Kapal dari Danau Asam ke Pasir Kuning Rp. 100.000/kapal. 1 kapal bisa muat maksimal 20 orang.
·         Biaya Pemandu ke dalam kawasan Nirwana ; Rp. 50.000 / pemandu untuk maksimal 5 orang.
·         Biaya Ojek (bagi yang butuh ojek) dari kawasan Nirwana ke Padang Savana, Menara Pandang dan Danau Minyak/Danau Merah ; Rp. 30.000
 Saya sarankan, bila ingin tandang ke Suoh jangan sendirian. Ajak rekan-rekan lain agar bisa sharing cost.

18 komentar :

  1. Yang menarik adalah nama tamannya yaitu Hamtembiu. Ada artinya gak tuh om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara khusus nama Hamtembiu tak ada arti khusus, tapi ada kisah seru dibalik nama Hamtembiu, nanti akan aku tuturkan di judul terpisah yaa kakak..hehehe

      Hapus
  2. Lampung di setiap sudut memang cakeep..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoooo mbaaa sini ke Lampung lagi yoookkkk

      Hapus
  3. Suoh itu menarik sekali ya. Bisa buat photoshoot dengan konsep yg beda disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yess....mari lah ke Lampung...nanti aku antar ke sana dehhh

      Hapus
  4. Ternyata Lampung luas juga, ya? Under estimate donk eikeh selama ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari sesekali main ke Lampung mbaaa...

      Hapus
  5. Semua tempatnya belom pernah ejie kunjungin euy..

    Langitnya cakep semua, kaaaakk 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. atur waktu ke Lampung nanti kabari aku biar aku bisa atur waktu temenin mba disini yaa..hehehe..

      Hapus
  6. wak mantap juga nich tempat wisata di lampung, singgah ah kalau mudik ke jambi nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabari aku yaaa...bila aku sedang tidak ada jadwal kelalk aku temani

      Hapus
  7. Tebing Lembah Batu Brak mirip Lembah Harau di Payakumbuh. Pokoknya Om Indra harus traktir aku trip ke Lampung Barat ini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeessss...secra keseluruhan ada kemiripand engan ramang ramang di Makasar gitu ...pokoke aku temani ke Liwa..atau ikut aku tgl 15-19 April besok.... berminat...ke WA aku yaaa... hehehehe

      Hapus
  8. Lampung, belum pernah kesana....mudahan suatu saat ada rezeky ke sana....salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes...kabari aku bila ke Lampung, siapa tau aku bisa temani yaaa ...

      Hapus
  9. Mengikuti dengan seksama di Instagram perjalanan rombongan ini ke Suoh. Sungguh tempatnya menyenangkan lensa semua. Semoga suatu saat aku pun bisa berfoto-foto di tempat yang telah diceritakan di atas. Lampung kece parah

    BalasHapus
  10. Keren banget lokasi geothermal Suoh.
    Buat foto-foto ciamik hasilnya 👍

    BalasHapus

Scroll To Top